5 Kelebihan dan Kekurangan Ban FDR Blaze dan Harga 2024


Jaldayat.com – Kelebihan dan kekurangan ban FDR Blaze perlu diketahui dengan baik. Ban FDR Blaze adalah salah satu ban yang banyak dicari karena kualitasnya dianggap mumpuni. FDR Blaze sendiri memiliki banyak varian yang disesuaikan dengan peruntukannya. Jangan sampai salah memilih ban FDR Blaze.

Salah memilih akan berdampak pada performa dan kemampuan ban yang tidak sesuai dengan yang diperlukan. FDR Blaze termasuk ban yang mantap untuk jalan beraspal dan andal dalam bermanuver. Ada kelebihan, ada juga kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ban tersebut bisa disimak di sini.

Review Ban FDR Blaze

Review Ban FDR Blaze

FDR Blaze review diperlukan untuk memberikan gambaran umum mengenai apa yang ditawarkan oleh bank tersebut. Telah disebut sebelumnya, FDR Blaze dirilis dalam berbagai edisi. Sampai saat ini terdapat 4 tipe FDR Blaze. Keempatnya adalah FDR Blaze, FDR Blaze RX, FDR Blaze RS, dan FDR Blaze SE.

Blaze RX dan Blade RS sama-sama digunakan untuk motor harian bertipe sport dan naked bike. Untuk yang bertipe biasa, ada FDR Blaze orisinal tanpa tambahan apapun. Sedangkan untuk motor balap, ban yang digunakan adalah FDR Blaze SE. FDR Blaze rupanya didesain untuk touring untuk dan harian.

Anda yang menggunakan FDR Blaze bisa menikmati pemakaian harian yang baik, terlebih jika Anda menggunakan motor di jalanan beraspal dengan banyak tikungan. Selain nyaman di jalur mulus, FDR Blaze mampu menampilkan performa yang baik ketika berbelok. Umumnya, performa harian motor ini mantap.

Baca juga:  Cara Mengatasi Gejala Oversteer dan Understeer

FDR Blaze dilengkapi intermediate compound yang memberikan cengkraman lebih baik untuk pemakaian harian. Berkendara ke kantor atau kampus bisa dilakukan dengan nyaman. Rasio ban 80/70 memberi kestabilan yang baik ketika bermanuver. Selain intermediate compound, banyak teknologi lain diterapkan.

Beberapa teknologi yang digunakan adalah SCS, ABLS, dan V-Profile. SCS adalah teknologi yang memastikan daya cengkraman ban menjadi maksimal dan menjaga kestabilan temperatur. ABLS adalah desain dan material yang menjaga posisi ban tetap di pelek sehingga motor memiliki kestabilan yang baik.

V-Profile membuat ban memiliki bentuk “V”. bentuk tersebut membuat luas kontak antara ban dengan aspal menjadi lebih sempit ketika berjalan lurus, sedangkan ketika melewati tikungan kontaknya menjadi lebih lebar. Ban FDR Blaze termasuk ban yang bisa diandalkan untuk pemakaian harian dan jarak jauh.

Kelebihan dan Kekurangan Ban FDR Blaze

FDR Blaze didesain untuk motor yang digunakan di jalan beraspal dalam cuaca yang kering. Hal tersebut akan dengan mudah menentukan kelebihan apa yang disediakan oleh ban tersebut. Karakteristik ban juga akan berpengaruh pada kekurangannya yang pada umumnya merupakan kebalikan dari kelebihannya.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan ban FDR Blaze.

Kelebihan Ban FDR Blaze

Kelebihan Ban FDR Blaze

Kelebihan ban FDR Blaze tidak hanya jago di jalanan beraspal.

1. Bisa Diandalkan untuk Jalan Beraspal

Hal paling dominan dari ban FDR Blaze adalah kemampuannya ketika digunakan di jalan beraspal. FDR Blaze memang diciptakan untuk hal tersebut. Dengan kemampuan jelajah yang tinggi, ban tersebut cocok dijadikan ban untuk touring. Selama berjam-jam Anda akan merasakan ban tersebut ‘menempel’ di aspal.

Baca juga:  Mobil Hilang di Area Parkir, Siapa yang Tanggung Jawab?

Daya cengkram dan kestabilan ban tinggi sehingga tidak mudah membuat terjadinya selip. Selain untuk touring, ban tersebut juga memiliki kestabilan yang baik untuk pemakaian harian. Manfaat ini mungkin yang paling dirasakan karena FDR Blaze didesain untuk Anda yang mengandalkan motor biasa (non-sport).

2. Andal dalam Bermanuver

Pengujian membuktikan, FDR Blaze adalah ban yang andal dalam bermanuver. Ketika berbelok, ban stabil dan tidak goyah. Hal tersebut memuluskan motor dalam melakukan penyalipan atau menghadapi belokan yang sulit. Selain itu, handling dari ban ini juga terkendali sehingga layak mendapatkan apresiasi.

3. Kokoh dan Nyaman

Anda akan merasakan kenyaman ketika berkendara dengan ban ini. Memang, diperlukan ‘feel’ yang tidak semua orang memiliki kesamaan. Namun, overall kenyamanan yang diberikan ketika berkendara layak mendapatkan pujian. Tampilan fisik ban juga kokoh sehingga meningkatkan confidence ketika berkendara.

Kekurangan Ban FDR Blaze

Kekurangan Ban FDR Blaze

Ban FDR Blaze bukan produk sempurna karena masih ada kekurangannya.

1. Tidak Impresif di Jalan Basah

Hal berbeda ditemukan pada performa FDR Blaze di jalan basah. Performa ban tersebut di jalan basah tidak impresif. Daya cengkramnya di jalan basah biasa saja. Hal tersebut akan berpengaruh besar pada performa keseluruhan jika Anda harus berkendara di jalan basah, apalagi jika hujan terjadi.

2. Cengkraman Lemah Saat Panas

Sama seperti kekurangan di jalan basah, apalagi ketika hujan, kekurangan lain dari ban FDR Blaze muncul pada kondisi tertentu. Apabila ban sudah ‘kepanasan’, maka cengkramanannya akan lemah. Kejadian semacam ini biasa terjadi jika Anda berkendara di sirkuit atau aspal yang terekspos panas berlebih.

Baca juga:  Cara Merawat Power Window agar Tidak Rusak dan Macet

Harga Ban FDR Blaze

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan ban FDR Blaze Anda mungkin tertarik untuk membeli dan menggunakannya. Ban FDR Blaze dijual di harga yang bervariasi, tergantung ukurannya. Harga ban tersebut ada di kisaran Rp 300 ribu sampai Rp 650 ribu, harga tersebut sebanding dengan kualitasnya.

Berikut adalah harga ban FDR Blaze beserta ukurannya.

Ukuran Ban FDR Blaze Harga
80/80 – 17 Rp 295.000
90/80 – 17 Rp 365.000
100/70 – 17 Rp 460.000
110/70 – 17 Rp 513.000
120/70 – 17 Rp 564.000
130/70 – 17 Rp 642.000

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan ban FDR Blaze untuk jalan beraspal, Anda pasti sudah memiliki gambaran yang lebih baik mengenai kapabilitas ban tersebut. Di jalan beraspal, DFR Blaze sangat bisa diandalkan. Semoga ulasan di atas membantu Anda menentukan ban terbaik untuk motor Anda.

Baca juga: