7 Kelebihan dan Kekurangan Oli BM1 dan Harga 2024


Jaldayat.com – Ingin membuat performa kendaraan tetap prima saat digunakan? Salah satu cara terbaiknya dengan rutin mengganti oli tiap bulannya. BM1 merupakan salah satu merek oli terbaik yang bisa digunakan sebagai pelumas kendaraan Anda. Memangnya apa kelebihan dan kekurangan oli BM1?

Beberapa review pengguna oli BM1 mengatakan bahwa pelumas bisa membuat mesin kendaraan lebih awet digunakan dalam jangka waktu lama. Meskipun begitu, setiap produk tentunya memiliki kekurangan yang bisa dipertimbangkan terlebih dahulu bagi para penggunanya sebelum memutuskan untuk membeli.

Kelebihan dan Kekurangan Oli BM1

Kelebihan Oli BM1

Kelebihan Oli BM1

Sebagai pelumas full sintetik, oli BM1 tentunya memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Apabila dibandingkan dengan produk oli semi sintetik, biasanya oli BM1 dibandrol dengan harga lebih mahal. Nah pembahasan kali ini akan menguraikan secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan produk.

1. Tingkat Kekentalannya Sedang

Apa poin penting yang perlu diperhatikan saat membeli pelumas kendaraan? Tekstur cairannya sudah memenuhi standart atau belum. Pelumas berkualitas baik umumnya memiliki tekstur lebih kental, sehingga dapat mengalir secara optimal ke seluruh komponen mesin kendaraan.

Oli BM1 memiliki tingkat kekentalan sedang, dimana teksturnya tidak terlalu kental ataupun encer. Pelumas sangat cocok digunakan dalam penggunaan sehari-hari, khususnya bagi kendaraan super ringan karena mampu melapisi komponen mesin lebih optimal.

Baca Juga:  12 Kelebihan dan Kekurangan Oli Yamalube Matic 2024

2. Memiliki 2 Takaran Kemasan

Oli BM1 tersedia dalam dua takaran kemasan diantaranya 0,8 liter dan 1 liter, sehingga pengguna bisa memilih produk sesuai kebutuhan. Anda bisa menggunakan takaran 0,8 liter apabila pelumas yang dibutuhkan oleh kendaraan sangat sedikit. Tentu lebih hemat budget, bukan?

Walaupun sudah tersedia dalam takaran kecil sampai besar, Anda bisa meminta bantuan mekanik untuk memasukkannya pada kendaraan. Para mekanik bisa membantu memilih produk pelumas paling cocok bagi kendaraan, sehingga performa mesinnya lebih handal saat digunakan.

3. Full Sintetik

Apa kelebihan dan kekurangan oli BM1? Ketahui kelebihannya terlebih dahulu, dimana oli BM1 terbuat dari formulasi full sintetik. Dibandingkan pelumas semi sintetik, pelumas full sintetik mampu membuat mesin kendaraan bisa panas lebih cepat saat akan digunakan nantinya.

Pengguna oli full sintetik merasa lebih nyaman karena tarikan mesin kendaraan lebih kencang dan stabil. Meskipun begitu, oli BM1 tidak bisa seenaknya dicampurkan dengan oli semi sintetik atau oli mineral dengan tujuan membuat performa mesin kendaraan lebih gahar lagi.

4. Mencegah Terjadinya Kerak

Apa yang menyebabkan kerak pada mesin kendaraan? Penyebabnya biasanya berkaitan dengan pelumas yang digunakan. Khususnya bagi pemilik kendaraan yang lebih menyukai jenis oli semi sintetik atau oli mineral, walaupun tidak semua produk menimbulkan efek kerak tersebut.

Oli BM1 terbuat dari bahan apa? Oli BM1 diformulasikan dari bahan full sintetik, oleh sebab itu berpotensi menyebabkan sedikit kerak pada area ruang pembakaran. Asap yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan juga lebih ringan, sehingga tidak mendatangkan pencemaran lingkungan.

Kekurangan Oli BM1

Kekurangan Oli BM1

Setiap produk tentunya memiliki kekurangan yang kemungkinan belum diketahui oleh calon konsumen. Begitu juga dengan pelumas BM1 yang terbuat dari bahan full sintetik, Anda harus mengetahui beberapa kekurangannya sebelum menggunakannya pada kendaraan pribadi.

Baca Juga:  5 Kelebihan dan Kekurangan Oli Federal Matic 2024

1. Mesin Cukup Agresif

Kira-kira apalagi kelebihan dan kekurangan oli BM1? Setelah mengetahui berbagai kelebihan pelumas full sintetik satu ini, Anda harus tahu bahwa penggunaanya membuat mesin agresif. Awal penggunaan tidak terlalu terasa, namun lama kelamaan mesin akan lebih agresif dari biasanya.

Apalagi saat pengguna sudah memasuki jarak tempuh hingga 2.500 km, performa kendaraan bisa cenderung menurun secara perlahan. Jika mengalami kondisi demikian, Anda bisa coba meminta bantuan mekanik untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum bertambah parah.

2. Kemasan Oli Pakai Plastik

Memang tidak semua jenis mereknya, namun ternyata ada oli BM1 yang masih menggunakan kemasan plastik ditutupi kardus. Pengemasannya terkesan kurang aman, apalagi didalamnya berisi cairan pelumas yang akan digunakan pada mesin kendaraan bermotor ataupun mobil.

Walaupun pengemasan unik, namun oli BM1 susah dituangkan pada bak kopling motor karena mudah tumpah berceceran. Masyarakat lebih terbiasa dengan oli yang dikemas dengan kemasan botol karena dinilai lebih aman, bagus, dan penuangannya juga lebih mudah.

3. Tidak Bisa Dicampur

Para rider terkadang sering membuat eksperimen baru dalam menggunakan pelumas dengan mencampurkan beda merek sekaligus. Oli BM1 terbuat dari formulasi full sintetik yang tidak mudah dicampurkan dengan oli semi sintetik ataupun oli mineral lebih murah.

Mencampurkan pelumas untuk kendaraan tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa memicu kerusakan komponen mesin, aus, dan karat lebih cepat. Walaupun terkadang merek oli memiliki spesifikasi sama, tetap dapat berisiko menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraan.

Baca Juga:  6 Kelebihan dan Kekurangan Oli Encer dan Harga 2024

Harga Terbaru Oli BM1 2024

Harga Terbaru Oli BM1

Oli BM1 terbuat dari formulasi full sintetik yang dibandrol dengan harga relatif terjangkau. Biasanya ada produk oli BM1 bekas yang sudah dicampurkan dengan formulasi semi sintetik dengan harga sangat murah. Anda tinggal pilih produk oli BM1 yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan tentunya.

Tipe Produk Harga Per Botol
Oli BM1 Matic Scooter Rp57.000
Oli BM1 PC1000 15W-50 800 ml Rp64.000
Oli Mesin BM1 Matic Scooter 800 ml Rp68.800
Oli BM1 PC-1500 Sport Scooter Matic Rp87.000
Oli BM1 1L SAE 15W-50 Rp72.000
Oli BM1 1100 Matic 0,8 L Rp75.000
Oli Motor BM1 PC 1000 15W-50 1W Rp79.000
Oli BM1 PC 1500 10W-30 Rp 82.000
Oli Mesin BM1 SYN 4 Stroke 1000 ml Rp85.000
Oli Motor BM1 Synthetic 4T PC Rp95.000

Sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan oli BM1? Oli BM1 memiliki tingkat kekentalan sedang, tidak menimbulkan kerak, dan full sintetik. Kekurangan pelumas satu ini berkaitan dengan hargannya yang mahal, membuat mesin kendaraan lebih agresif, dan tidak bisa sembarangan dicampur.

Baca juga: